Di samping melaksanakan kegiatan tes, setiap dosen juga memberikan penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa secara mandiri. Unsur penilaian yang dipertimbangkan oleh dosen adalah keaktifan kegiatan mahasiswa dalam proses perkuliahan dan hasil tes yang dilaksanakan oleh dosen. Unsur dan pembobotan kegiatan mahasiswa dalam penilaian keberhasilan pembelajaran adalah:
Kehadiran mahasiswa | : | 10% |
Tugas mandiri, kelompok maupun diskusi | : | 20% |
Ujian tengah semester | : | 20% |
Ujian akhir semester | : | 50% |
Nilai hasil belajar diperoleh melalui konversi nilai kuantitatif (angka) menjadi nilai kualitatif (A-E) dengan kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP) sebagai berikut:
PAP | HURUF MUTU | BOBOT |
Nilai > 80 | A | 4 |
69<Nilai<79 | B | 3 |
56<Nilai<68 | C | 2 |
46<Nilai<55 | D | 1 |
Nilai<45 | E | 0 |
Sementara itu, prestasi belajar mahasiswa secara kualitatif dinyatakan dalam Indeks Prestasi (IP) akademik. Kualitas prestasi belajar semester ditandai Indeks Prestasi Semester (IPS) dan kualitas prestasi belajar mahasiswa secara total disebut dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks prestasi (IP) akademik dihitung dengan rumus:
dimana,
K | : | kredit sks masing-masing mata kuliah |
N | : | bobot nilai masing-masing mata kuliah |