Jakarta – Berkebun merupakan salah satu kegiatan menyenangkan utnuk mengisi waktu luang selama menjalani kegiatan di rumah. Saat ini, banyak sekali varietas tanaman yang dapat tumbuh di pekarangan.

Namun, agar tidak salah, sebaiknya perhatikan dulu jenis tanah dan iklim daerah sekitar sebelum mulai bercocok tanam di pekarangan rumah. Karena kedua hal itu merupakan faktor penting untuk membudidayakan tanaman di rumah.

“Jenis tanaman yang cocok untuk di pekarangan banyak sekali. Namun perlu disesuaikan dengan lokasi karena akan berkaitan dengan jenis tanah dan iklim sebagai faktor utama penentu kesesuaian tanaman dlm menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman,” ujar pengajar Fakultas Pertanian, Universitas Borobudur Fetty Dwi, saat dihubungi SariAgri, Jumat (12/6/2020).

Lebih lanjut Fetty menjelaskan selain menambah keindahan, tanaman juga dapat memberikan efek kesegaran baik di luar dan di dalam rumah.

“Tanaman yang cocok membuat kesegaran udara yang spesifik sebagai peneduh di pekarangan rumah dan dapat dikonsumsi yaitu dengan memilih tanaman buah, seperti pohon mangga, pohon nangka, pohon jambu, pohon rambutan, dan lainnya,” kata Fetty.

“Sedangkan, tanaman yang cocok untuk membuat kesegaran di dalam rumah dan sebagai tanaman hias misalnya tanaman paku pedang, tanaman lidah mertua, tanaman sirih Gading, tanaman lidah buaya dan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, untuk sayuran hanya jenis tertentu dan memiliki karakteristik umum seperti Kangkung, bayam, pakcoy, selada, tomat, kacang panjang, cabai, sawi dan terong yang dapat tumbuh di pekarangan rumah.

“Sayuran yang bisa di budidayakan di pekarangan rumah dengan karakteristik temperatur yang umum misalnya kangkung, bayam, pakcoy, selada, tomat, kacang panjang, cabe, sawi dan terong,” pungkasnya. (Istihanah Soejoethi).

Ganti Bahasa »
X