Universitas Borobudur –Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang dapat dijadikan alternatif pangan pokok, jika terjadi kelangkaan beras. Selain rasanya enak, tanaman pertanian ini juga mudah untuk dibudidayakan.

“Pemilihan jagung sebagai salah satu alternatif sumber pangan penghasil karbohidrat tepat adanya. Apalagi jagung merupakan salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan dan sesuai dengan kondisi ekologi dan iklim di Indonesia. Iklim di Indonesia dengan karakteristik suhu optimum 32-35 derajat celcius dan (jagung) mampu beradaptasi pada lahan kering,” ujar Pengajar Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Borobudur, Fetty Dwi, Selasa (9/6/2020).

Dia menjelaskan, biaya tanam jagung relatif lebih murah dibanding padi. Selain itu umurnya tanamnya juga singkat dan dapat dikembangkan dengan cara urban farming.

“Biaya tanam untuk jagung relatif murah dan tergolong tanaman yang cepat panen, sehingga saat ini jagung direkomendasikan sebagai salah satu komoditi pertanian yang dapat dikembangkan dalam urban farming dan dapat menjadi salah satu solusi untuk ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19,” jelasnya.

Menurut Fetty, nilai ekonomi jagung juga dapat bersaing di pasar. Karena dalam praktiknya jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan, baik pangan maupun non-pangan.

“Dalam praktiknya jagung tetap dilirik masyarakat karena jagung dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan baik pangan maupun non pangan,” katanya.

Dikatakan Fetty, saat ini jagung mampu menembus pasar milenial. Dia mengatakan saat ini sudah banyak makanan kekinian yang dibuat dengan bahan dasar jagung seperti pop corn atau jasuke (Jagung susu Keju).

Namun, dia mengingatkan perlunya memperhatikan pengelolaan pasca-panen agar nilai ekonomi jagung tinggi di pasaran.

“Meningkatkan nilai ekonomi jagung tidak sulit, hanya saja saat ini diperlukan pengelolaan pasca-panen yang tepat untuk mempertahankan eksistensi jagung di pasaran baik dalam bentuk olahan produk, packaging dan sebagainya,” katanya. (Istihanah Soejoethi)

Ganti Bahasa »
X