Sambutan Wisuda 2018

Prof. Dr. H. Basir Barthos
Rektor Universitas Borobudur

SAMBUTAN

REKTOR UNIVERSITAS Borobudur

Pada Upacara Wisuda Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur

Minggu, 27 Maret  2016, Jakarta Convention Center(JCC)

 Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bissmillahrirrohmanirrohim
Yang terhormat,

  1. Bapak Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian.Ph.D. atau yang diwakilinya.
  2. Bapak Gubernur, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  3. Bapak Kapolda, Metropolitan Jakarta Raya
  4. Bapak Panglima, Kodam Jaya
  5. Ibu Koordinator, Kopertis Wilayah III Jakarta
  6. Saudara-Saudara Pengurus Yayasan Pendidikan Borobudur dan Keluarga Besar Universitas Borobudur.
  7. Orang tua, wisudawan, wisudawati, serta hadirin, dan para undangan yang saya muliakan.

Perkenankanlah saya mengajak para hadirin, untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama, dalam rangka menghadiri Sidang Terbuka, Senat Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, guna mengikuti upacara Wisuda tahun akademik 2017.

Pada kesempatan ini, kami atas nama Keluarga Besar Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada segenap hadirin, yang telah meluangkan waktu yang sangat berharga, untuk menghadiri acara ini. Kehadiran Bapak dan Ibu sekalian pada upacara wisuda ini, menambah kebahagiaan kami,  yang pada saat ini, mewisuda lulusan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur sebanyak 693 orang, yang terdiri atas, lulusan program Diploma III, program Sarjana (S-1), program Magister (S-2), dan program Doktor (S-3).

Hadirin yang saya muliakan
Pada upacara Wisuda saat ini kami mendapat suatu kehormatan atas kesediaan Bapak Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian.Ph.D.  yang diwakili Bapak Irjen Pol. Prof.Dr. Iza Fadri untuk menyapaikan ORASI ILMIAH, dalam rangka membekali para lulusan dan kita semua, dalam melaksanakan tugas kita sebagai akademisi. Marilah kita simak bersama, penjelasan dan uraian yang disampaikannya kepada kita semua dan meraihkan manfaatnya. Kami atas nama keluarga besar Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Irjen Pol. Prof.Dr. Iza Fadri. Namun sebelum mendengarkan orasi beliau, perkenankanlah kami untuk menyampaikan kata pengantar tentang peran Universitas Borobudur, sebagai organisasi pembelajar dalam menghasilkan SDM yang berpengetahuan.

Hadirin yang saya muliakan
Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Statuta Universitas Borobudur, Rektor harus menyampaikan akuntabilitas kepemimpinannya secara periodik. Pada upacara wisuda ini saya menyampaikan kemajuan dan kinerja institusi selama tahun 2016-2017. Dalam kesempatan ini yang saya laporkan hanya garis besarnya saja, untuk efisiensi waktu; sedangkan, laporan kinerja kelembagaan secara rinci, sudah saya sampaikan dalam rapat Senat Universitas Borobdur untuk dibahas dan dikaji tingkat kelayakannya. Laporan akhir, setelah mendapat rekomendasi Senat Universitas, selanjutnya diserahkan kepada Yayasan Pendidikan Borobudur.

Hadirin yang saya muliakan
Perlu kami laporkan sesuai, dengan program pengembangan yang kami lakukan, sampai dengan tahun 2017-2018 Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur menyelenggarakan sebanyak 25 program studi; yang terdiri atas 2 program Doktor (S-3) Doktor Ilmu Ekonomi dan Doktor Ilmu Hukum, 2 program Magister (S-2) Magister Manajemen dan Magister Hukum, 13 program Sarjana (S-1), 1 program profesi, dan 7 program Diploma III. Semua program studi, telah terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang berimplikasi, bahwa kegiatan pengelolannya telah memenuhi standar Nasional Pendidikan, sebagai mana yang ditentukan Pemerintah dalam peraturan dan perundangannya.

Para Hadirin yang saya muliakan
Semua program studi, melaksanakan kegiatan pengelolaan pembelajaran mahasiswa secara efektif, dengan tingkat partisipasi kehadiran mahasiswa sebesar 89,4% dan kehadiran dosen sebesar 98,2%. Berdasarkan kriteria mutu, yang ditetapkan dalam sistem penjaminan mutu, angka partisipasi pembelajaran tersebut, telah memenuhi ketentuan minimal, dan dapat dikualfikasikan sebagai pembelajaran yang berkualitas.
Data lulusan tahun pendidikan di Universitas dan Akademi Borobudur tahun 2016-2017, berdasarkan masa studi dan IPK dapat dilihat pada Tabel 1 yang berikut.

Tabel 1.
Indikator kualitas lulusan pada masing-masing jenjang pendidikan di Universitas dan Akademi Borobudur tahun 2016-2017

No Indikator Kualitas Jenjang Pendidikan
Diploma III Sarjana (S-1) Magister (S-2) Doktor (S-3)
1. Masa studi 3,41 th 4,34 th 2,7 th 4,1 th
2. IPK 3,12 3,26 3,55 3,78
3. Daya Serap 4,4 5,7 N/A N/A

Data indikator kelulusan yang disebutkan pada Tabel 1 di atas menunjukkan bahwa, kecenderungan data lulusan Universitas dan Akademi Borobudur, pada tahun 2016-2017 adalah tepat waktu, dan kualifikasi kelulusan mereka dengan predikat Sangat memuaskan.

Hadirin yang saya muliakan
Dalam rangka penyediaan fasilitasi pembelajaran bagi mahasiswa pada tahun kuliah 2016-2017, Universitas dan Akademi Borobudur memperkerjakan sebanyak 199 orang dosen tetap, dan 41 orang dosen tidak tetap. Mereka adalah sumber daya manusia yang berkualitas, dan berada pada sistem layanan terdepan dalam rangka, memberi kemudahan bagi mahasiswa.

kualifikasi pendidikan dosen tetap dan dosen tidak tetap  tahun 2016-2017 pada Tabel 2 berikut.

Tabel 2
Jumlah Dosen Tetap dan Tidak Tetap di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2016-2017

No. Tenaga Pengajar Status Jumlah Keterangan
Tetap Tidak Tetap
1 Proffesor 25 22 47  
2 Doktor 42 6 48
3 Magister 121 13 134
4 S1 11 11 Ass. Lab
Jumlah 199 41  240

Data kualitas dosen Universitas dan Akademi Borobudur yang disebutkan pada Tabel 2 di atas secara kualitas dapat disebutkan masih berada di atas rata-rata nasional, dan bahkan rata-rata kualitas dosen perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah III Jakarta.

Jumlah dosen yang disebutkan di atas, dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang harus dilayani, memberikan rasio yang sangat ideal.

Tabel 3
Rasio jumlah Dosen Tetap dan mahasiswa pada kelompok jenjang pendidikan di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2016-2017

No Program Pendidikan Jumlah Rasio (%) Keterangan
Mahasiswa Dosen
1 Program Doktor 219 13 1:16
2 Pogram Magister 302 26 1:14
3 Program S1 3.274 114 1:26
4 Program Diploma III 348 31 1:11
5 Profesi 56 2 1:28
Jumlah 4.199 186 1:23

Para hadirin yang saya muliakan
Sejumlah raihan dan prestasi kerja Universitas dan Akademi Borobudur, yang disebutkan di atas pada dasarnya merupakan hasil dari sistem perencanaan yang efeketif dan pelaksanaan program kerjanya yang berdisiplin. Muara dari sistem perencanaan tersebut berfokus pada peningkatan kualitas suasana akademik.

Sementara itu, dalam rangka menciptakan suasana akademik yang berkualitas, Universitas dan Akademi Borobudur memprogramkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa. Model pembelajaran yang digunakan oleh para dosen sangat bervariatif dan dinamis yang mampu menciptakan proses pembelajaran yang bermakna. Modus pengajaran berbasiskan IT yang berbentuk e-learning telah digunakan dalam model ‘hybrid’ atau ‘blended’ atau paruhan antara pertemuan tatap muka dengan pembelajaran mandiri. Sampai dengan tahun 2017-2018 ini, telah sebanyak 15% dari kurikulum program studi di lingkungan Universitas dan Akademi Borobudur menggunakan pembelajaran modus e-learning.

Upaya lain untuk mencipatakan suasana akademik yang berkualitas tersebut adalah penciptaan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Semua ruang kuliah telah difasilitasi dengan air conditioner (AC), LCD projector, tempat duduk yang nyaman. Sumber pustaka dalam perpustakaan selalu diupdate dengan buku referensi, jurnal ilmiah, prosiding seminar, dan majalah ilmiah dengan bahan yang berbentuk hard copy (dokumen buku) dan soft copy (ebook). Gedung A, B, dan C di Kampus Utama di Jalan Raya Kalimalang juga direnovasi dengan tampilan baru dan megah sehingga hal itu mampu menciptakan keasrian lingkungan dan keinginan yang kuat bagi mahasiswa untuk berada di kampus dalam rangka mengelola pembelajaran mereka yang berkualitas.

Hadirin yang saya muliakan
Aspek lain yang dibangun oleh Universitas dan Akademi Borobudur dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif adalah penerbibatan kebijakan mutu yang berkelanjutan. Mutu atau kualitas telah dijadikan filosofi dasar dalam mengelola kegiatan akademik dan non akademik. Semua sistem layanan telah ditentukan deskripsi mutunya, pelaksanaannya dimonitor, dan hasilnya dievaluasi secara berdisiplin. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan perubahannya yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013;serta Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi telah dideskripsikan secara rinci; dan isi ketentuannya diimplementasikan secara berdisiplin dalam semua jenis layanan akademik maupun non akademik di Universitas dan Akademi Borobudur. Standar yang ditentukan tersebut juga selalu direviu setiap tahun secara berkelanjutan dengan tujuan untuk meentukan standar capaian yang lebih tinggi.

Hadirin yang saya muliakan
Produk karya ilmiah pada tahun ini dan akan datang mendapatkan perhatian secara khusus dalam rangka membangun dasar yang kuat untuk menjadikan Universitas dan Akademi Borobudur sebagai ‘Research University’ pada tahun 2035. Pembinaannya terfokus pada pengembangan kapasitas dan kualitas dosen tetap dalam melaksanakan kegiatan peneltian ilmiah dan penerbitannya dalam jurnal ilmiah internasional. Upaya tersebut dapat dilihat dengan kerjasama antara Universitas Borobudur dengan penerbit riset internasional; dengan European Research Studies Journal (ERSJ) tahun 2017, penyelenggaraan 14thInternational Conference on Applied Business and Economics (ICABE) pada tanggal 23-24 Pebruari 2018yang dihadiri oleh para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dengan nara sumber yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi internasional; yakni, University of Piraeus, Yunani; University of Lativa, Latvia, Brasov University, Romania, Rostov State University of Economics, Soviet Rusia, West Pomeranian University, Polandia).

Dalam prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi hasil kerja yang diperoleh saat ini akan terus ditingkatkan dari sisi kualitas dan kuantitasnya secara berkelanjutan, sesuai dengan prinsip kaizen atau continuous development. Atas semua prestasi dan keberhasilan Universitas dan Akademi Borobudur tahun 2017-2018, saya sampaikan bahwa itu semua merupakan kinerja semua civitas akademika (dosen, mahasiswa), karyawan (tenaga kependidikan), dan pimpinan. Di samping itu, kegiatan pembinaan dan monitoring kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh Kopertis Wilayah III Jakarta. Untuk itu, dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih atas partisipasi semua fihak dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semua peran yang telah dikontribusikan kepada institusi ini. Semoga rasa bersyukur ini dapat diikuti dengan upaya dan peran yang lebih besar di masa mendatang untuk memajukan Universitas dan Akademi Borobudur.

Para Hadirin yang saya muliakan
Misi utama Universitas Borobudur sejak didirikan sampai sekarang, adalah melaksanakan kegiatan tridharma yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Dalam pemikiran Universitas Borobudur, unsur pendidikan adalah misi sacral, yang harus dijunjung tinggi, dan dilaksanakan secara bermakna. Kegiatan pendidikan bermuara pada misi kehidupan manusia yang paling mendalam.

Perguruan tinggi ini harus mengantarkan mahasiswa, sebagai manusia seutuhnya; sosok sumber daya manusia yang sehat lahir dan batin, memahami potensi dirinya, mempunyai kepekaan terhadap lingkungannya, dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap aspek kehidupan manusia secara luas.

Sementara itu, pemikiran visioner yang berbentuk kewirausahaan dimaksudkan agar setiap lulusan mempunyai jiwa wirausaha. Mereka memiliki kreativitas diri yang kokoh dan berani mengambil resiko kegagalan. Mereka mampu mengisi kekurangan jumlah wirausaha yang berada di Indonesia yang hanya berjumlah sekitar 3,1% dari jumlah penduduk di Indonesia. Rasio ini masih kalah dari Malaysia yang berjumlah 5%, Singapura 7%, China 10%, Jepang 11%, dan Amerika Sertikat sebanyak 12%.

Para hadirin yang saya muliakan
Kita sudah memahami bahwa saat ini disebut dengan era “The Digital Age” yang mengacu kepada fakta bahwa sebagian besar pengambilan keputusan yang dilakukan oleh masyarakat dunia saat ini menggunakan data dijital. Sesuai dengan hakikatnya, data dijital bersifat dinamis, lentur, dan akomodatifdan pengelolaannya menjadi keputusan bisnis, politik, sosial, profesional, dan ilmiah menggunakan teknologi informasi. Sehubungan dengan itu, sebagian pakarmenyebutkan era saat ini dengan istilah era “Technology Revolution”.Era ini ditandai dengan penggunaan teknologi informasi di hampir semua aspek kehidupan manusia; di bidang perindustrian, perdagangan, perusahaan, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lain-lainnya,

Semua jenis dan bidang usaha dan organisasi, yang ternasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan dalam era “Technology Revolution” ini meyakini bahwa kesuksesan usaha ditentukan oleh penguasaan dan penggunaan teknologi informasi. Seperti yang telah diketahui, kekuatan teknologi informasi terletak pada kecepatan, ketepatan, dan keluasan volume data yang dapat diolah menjadi informasi dan keputusan strategis.

 Para Hadirin yang saya muliakan
Dalam bidang pendidikan tinggi kemajuan teknologi informasi ini juga membentuk gaya manajemen untuk menciptakan kecepatan dan ketepatan sistem layanan. Teknologi informasi mewarnai hampir semua kegiatan layanan akademik dan non akademik. Dalam bidang layanan akademik model pembelajaran e-learning, pemanfaatan sumber belajar dari internet, dan penggunaan media sosial untuk berkomunikasi benar-benar menjadikan proses pembelajaran mahasiswa menjadi dinamis dan menyenangkan. Satu aspek menfaat penting dari kegiatan pembelajaran melalui internet tidak hanya membangun penguasaan materi ajar yang lebih luas dan massive secara kognitif tetapi juga mengembangkan sikap kemandirian maahasiswa. Bila dalam kegiatan pembelajaran tatap muka, banyak mahasiswa hanya menyandarkan pemahamannya melalui dosen dalam perkuliahan dalam kelasa; melalhui belajar e-learning mahasiswa memahami materi ajar secara mandiri. Mereka membaca dan berlatih dengan sengaja untuk membangun pengetahuannya secara sadar sesui dengan yang mereka butuhkan. Secara singkat kemajuan teknologi informasi secara langsung membangun budaya belajar M-Learning (Mobile Learning). Mahasiswa telah membangun kebiasaan pemanfaatan handphone atau smartphone, yang sebelumnya hanya untuk berbicara dengan teman, kini digunakan untuk mengakses materi pelajaran.

 Para Hadirin yang saya muliakan
Kemajuan teknologi informasi yang dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dewasa untuk mengelola sistem pembelajaran menyadarkan masyarakat bahwa belajar tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. Belajar di perguruan tinggi bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Mereka yang pada saat lulus sekolah menengah tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan perkuliahan karena harus bekerja, kini mereka menyadari bahwa belajar di perguruan tinggi dapat dilakukan sambil bekerja. Untuk itu, dapat diprediksikan bahwa pertumbuhan peserta didik di perguruan tinggi dari kalangan pekerja akan tumbuh pesat di masa mendatang.

Sehubungan dengan hal itu, di negara maju di mana teknologi informasinya telah sangat maju, pemerintah menyelenggarakan sistem pembelajaran mandiri melalui universitas terbuka. Universitas ini banyak menampung mahasiswa yang sebagian besar dari kelompok profesional, pekerja, atau mereka yang secara ekonomis kurang beruntung. Di Inggris terdapat Open University yang menampung sebanyak 200.000 mahasiswa. Di China terdapat Open University of China yang mempunyai sebanyak 3 juta mahasiswa. Negara yang paling banyak menyelenggarakan universitas terbuka adalah India di mana terdapat 17 institusi; salah satunya yang terkenal adalah Indira Gandhi National Open University (IGNOU) yang saat ini menampung sebanyak 3,5 juta mahasiswa. Dan, di Indonesia terdapat Universitas Terbuka yang pada tahun 2017 tercatat sejumlah mahasiswa aktif sebanyak 287.283 orang.

Mencermati kemajuan teknologi informasi yang semakin Canggih di masa mendatang, Universitas dan Akademi Borobudur secara pasti akan ditata ulang. Kebijakan manajemen akan diarahkan untuk meresponsi perkembangan jaman. Kurikulum setiap program studi tidak bisa dibiarkan tanpa adanya perubahan yang mengacu pada perkembangan teknologi informasi. Sikap dan kemampuan lulusan harus didesain untuk membangun kompetensi dengan kemampuan mandiri, responsif terhadap perkembangan jaman, dan cakap dalam penguasaan susbstansi keilmuan yang dipelajarinya.

Wisudawan dan Wisudawati yang saya cintai
Sebelum mengakhiri sambutan ini, perkenankanlah saya menyampaikan pesan-pesan kepada Saudara-saudara yang hari ini diwisuda, diiringi ucapan selamat, dan turut merasa bahagia atas nikmat dan kebahagiaan yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada Saudara, para orang tua, dan sanak saudara.

  1. Dengan kelulusan Saudara yang ditandai dengan upacara wisuda ini, tidak berarti bahwa tugas Saudara untuk belajar telah berakhir. Belajar untuk menjadi pintar, cerdas, berpengetahuan, berwawasan dan mandiri, adalah suatu kebutuhan karena lingkungan kehidupan terus berubah. Berhenti belajar karena menganggap dirinya sudah pintar, berarti ketertinggalan yang merugikan.
  2. Sebaliknya, keberhasilan yang telah saudara raih, merupakan pintu masuk untuk menjelajahi dunia ilmu yang luas.
  3. Oleh karena itu, krisis yang dialami oleh bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih dilanda ketidak-stabilan ekonomi, politik dan hukum adalah ketertinggalan yang harus ditebus dengan usaha berlipat ganda dan kesadaran penuh, untuk memburu ketertinggalan tersebut.
  4. Bagi Universitas dan Akademi Borobudur, tempat Saudara menempa kehidupan intelektual selama ini, adalah suatu kehormatan, apabila Saudara berhasil, mendarma baktikan kekuatan yang Saudara miliki, dalam mengentaskan krisis kehidupan bangsa dan negara kita.

Saya ucapkan ; “Selamat Jalan Wisudawan  dan Wisudawati”, semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan, kepada kita semua Amin.

Demikianlah Sambutan saya, Terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jakarta, 11 Maret 2018
Rektor

 

ttd

Prof. Dr. H. Basir Barthos

Pilih Bahasa »
X