• Registration
Wisuda PDF Print E-mail
Written by muntohar   
Friday, 22 April 2016 04:38

 

 

 

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bissmillahrirrohmanirrohim

Yang terhormat,

  1. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
  2. Bapak Gubernur, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  3. Bapak Kapolda, Metropolitan Jakarta Raya
  4. Bapak Panglima, Kodam Jaya
  5. Ibu Koordinator, Kopertis Wilayah III Jakarta
  6. Saudara-Saudara Pengurus Yayasan Pendidikan Borobudur dan Keluarga Besar Universitas Borobudur.
  7. Orang tua, wisudawan, wisudawati, serta hadirin, dan para undangan yang saya muliakan.

 

 

Perkenankanlah saya mengajak para hadirin, untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama, dalam rangka menghadiri Sidang Terbuka, Senat Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, guna mengikuti upacara Wisuda tahun akademik 2016.

 

Pada kesempatan ini, kami atas nama Keluarga Besar Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada segenap hadirin, yang telah meluangkan waktu yang sangat berharga, untuk menghadiri acara ini. Kehadiran Bapak dan Ibu sekalian pada upacara wisuda ini, menambah kebahagiaan kami,  yang pada saat ini, mewisuda lulusan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur sebanyak 829 orang, yang terdiri atas, lulusan program Diploma III, program Sarjana (S-1), program Magister (S-2), dan program Doktor (S-3).

 

 

Hadirin yang saya muliakan

 

Pada upacara Wisuda saat ini kami mendapat suatu kehormatan atas kesediaan Bapak Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, ME Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi untuk menyampaikan ORASI ILMIAH dalam rangka membekali para lulusan dan kita semua dalam melaksanakan tugas kita sebagai akademisi. Marilah kita simak bersama, penjelasan dan uraian yang disampaikannya kepada kita semua dan meraihkan manfaatnya. Kami atas nama keluarga besar Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, ME.

 

Namun sebelum mendengarkan orasi beliau, perkenankanlah kami untuk menyampaikan kata pengantar tentang peran Universitas Borobudur sebagai organisasi pembelajar dalam menghasilkan SDM yang berpengetahuan.

Hadirin yang saya muliakan

 

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Statuta Universitas Borobudur, Rektor harus menyampaikan akuntabilitas kepemimpinannya secara periodik. Pada upacara wisuda ini saya menyampaikan kemajuan dan kinerja institusi selama tahun 2014-2015. Dalam kesempatan ini yang saya laporkan hanya garis besarnya saja untuk efisiensi waktu; sedangkan, laporan kinerja kelembagaan secara rinci sudah saya sampaikan dalam rapat Senat Universitas Borobdur untuk dibahas dan dikaji tingkat kelayakannya. Laporan akhir setelah mendapat rekomendasi Senat Universitas selanjutnya diserahkan kepada Yayasan Pendidikan Borobudur.

 

Hadirin yang saya muliakan

 

Perlu kami laporkan sesuai dengan program pengembangan yang kami lakukan, sampai dengan tahun 2011 Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur menyelenggarakan sebanyak 25 program studi; yang terdiri atas 2 program Doktor (S-3) Doktor Ilmu Ekonomi dan Doktor Ilmu Hukum, 2 program Magister (S-2) Magister Manajemen dan Magister Hukum, 13 program Sarjana (S-1), 1 program profesi, dan 7 program Diploma III. Semua program studi telah terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Hadirin yang saya muliakan

 

Semua program studi melaksanakan kegiatan pengelolaan pembelajaran mahasiswa secara efektif dengan tingkat partisipasi kehadiran mahasiswa sebesar 89,4% dan kehadiran dosen sebesar 98,2%. Berdasarkan kriteria mutu yang ditetapkan dalam sistem penjaminan mutu, angka partisipasi pembelajaran tersebut telah memenuhi ketentuan minimal dan dapat dikualfikasikan sebagai pembelajaran yang berkualitas.

 

Data lulusan tahun pendidikan di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2014-2015 berdasarkan masa studi dan IPK dapat dilihat pada Tabel 1 yang berikut.

 

Tabel 1.

Indikator kualitas lulusan pada masing-masing jenjang pendidikan di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2014-2015

 

No.

Indikator Kualitas

Jenjang Pendidikan

Diploma III

Sarjana

(S-1)

Magister

(S-2)

Doktor

(S-3)

1.

Masa studi

3,12 th

4,46 th

2,36 th

3,82 th

2.

Rata-rata IPK

3,4

3,26

3,38

3,78

 

Data indikator kelulusan yang disebutkan pada Tabel 1 di atas menunjukkan bahwa kecenderungan data lulusan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur pada tahun 2014-2015 adalah tepat waktu dan kualifikasi kelulusan mereka dengan predikat Sangat memuaskan.

 

Hadirin yang saya muliakan

 

Dalam rangka penyediaan fasilitasi pembelajaran bagi mahasiswa pada tahun kuliah 2014-2015 Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur memperkerjakan sebanyak 186 orang dosen tetap dan 38 orang dosen tidak tetap. Mereka adalah sumber daya manusia yang berkualitas dan berada pada sistem layanan terdepan dalam rangka memberi kemudahan bagi mahasiswa. Kualifikasi pendidikan dosen tetap dan dosen tidak tetap  tahun 2014-2015 pada Tabel 2 berikut.

 

Tabel 2

Jumlah Dosen Tetap dan Tidak Tetap di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2014-2015

 

No.

Tenaga Pengajar

Status

Jumlah

Keterangan

Tetap

Tidak Tetap

 

1

Profesor

20

21

41

2

Doktor

37

4

41

 

3

Magister

118

13

131

 

4

S1

11

-

11

Ass. Lab

 

Jumlah

 

 

224

 

 

Data kualitas dosen Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur yang disebutkan pada Tabel 2 di atas secara kualitas dapat disebutkan masih berada di atas rata-rata nasional dan bahkan rata-rata kualitas dosen perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah III Jakarta.

 

Jumlah dosen yang disebutkan di atas dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang harus dilayani memberikan rasio yang sangat ideal.

 

Tabel 3

Rasio jumlah Dosen Tetap dan mahasiswa pada kelompok jenjang pendidikan di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2014-2015

 

No.

Program Pendidikan

Jumlah

Rasio

Keterangan

Mahasiswa

Dosen

1

Program Doktor

219

13

1:16

 

2

Pogram Magister

302

26

1:14

 

3

Program S1

3274

114

1:26

 

4

Program Diploma III

348

31

1:11

 

5

Profesi

56

2

1:28

 

 

Jumlah

4199

186

1:23

 

Hadirin yang saya muliakan

Selain keberadaan sumber daya manusia dosen berkualitas, Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur juga mempunyai infrastruktur yang sangat memadai.  Semuanya adalah milik sendiri yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Borobudur dengan sistem maintanance yang selalu terkontrol. Semua ruang kelas telah dilengkapi dengan penyejuk udara (AC), dosen mengajar menggunakan media LCD, peralatan laboratorium selalu diupgrade, seluruh kawasan kampus dapat mengakses internet melalui wi-fi yang dipasang di seluruh kawasan, dan layanan administrasi dilaksanakan secara on-line.

 

Kecanggihan teknologi informasi tersebut oleh Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur telah dimanfaatkan sebagai media pengajaran dengan menerapkan pembelajaran mahasiswa melalui         e-learning mulai semester ganjil tahun 2015-2016. Pada kegiatan         e-learning tersebut disajikan sebanyak 132 mata kuliah yang dikendalikan oleh 86 dosen, khususnya pada perkuliahan di jenjang pendidikan Diploma III dan Sarjana (S-1).  Pelaksanaan kegiatan perkuliahan melalui e-learning dengan modus ‘blended’ atau ‘hybrid’ pada akhir semester telah dievaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan pengajaran berjalan normal, terjadi interaksi ilmiah yang relatif lebih intensif, kemandirian mahasiswa meningkat, budaya membaca mahasiswa terpacu menjadi tinggi, dan partisipasi pembelajaran mahasiswa juga lebih tinggi. Program pembelajaran melalui e-learning ini sampai saat ini masih digunakan dan bahkan kualitas penyelenggaraannya telah diupgrade menjadi lebih baik.

 

Atas semua prestasi dan keberhasilan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur tahun 2014-2015, saya sampaikan bahwa itu semua merupakan kinerja semua civitas akademika (dosen dan mahasiswa), karyawan, dan pimpinan.

 

Bantuan pemikiran dan kepedulian masyarakat secara menyeluruh tetap kami harapkan agar jalannya kegiatan pendidikan di perguruan tinggi yang tercinta ini tetap dalam arah yang benar. Di samping itu, tidak bisa dipungkiri bahwa pembinaan pemerintah melalui Kopertis Wilayah III Jakarta terhadap kehidupan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur adalah positif. Terdapat sejumlah pemberian feedback, sosialisasi kebijakan, pelatihan keterampilan manajemen, beasiswa, dan bantuan hibah penelitian dan hibah buku yang diperoleh oleh Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur; dan atas semuanya saya apresiasi yang setinggi-tingginya.

Hadirin yang saya muliakan

 

Misi utama Universitas Borobudur sejak didirikan sampai sekarang adalah melaksanakan kegiatan tridharma yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Dalam pemikiran Universitas Borobudur, unsur pendidikan adalah misi sakral yang harus dijunjung tinggi dan dilaksanakan secara bermakna. Kegiatan pendidikan bermuara pada misi kehidupan manusia yang paling mendalam.

 

Perguruan tinggi harus mengantarkan mahasiswa sebagai manusia seutuhnya; sosok sumber daya manusia yang sehat lahir dan batin, memahami potensi dirinya, mempunyai kepekaan terhadap lingkungannya, dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap aspek kehidupan manusia secara luas.

 

Arah perjalanan perguruan tinggi yang demikian itu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga telah mewabah ke seluruh dunia. Kenyataan yang demikian itu menyebabkan Anthony T. Kronman, mantan dekan Fakultas Hukum di Yale University merasa prihatin atas kehilangan inti perguruan tinggi dan menuliskan kerisauannya dalam buku yang berjudulEducation's End: Why Our Colleges and Universities Have Given Up on the Meaning of Life (Akhir sebuah pendidikan : Mengapa Perguruan Tinggi berhenti tidak mengajarkan makna kehidupan), yang diterbitkan tanggal 23 September 2008. Secara eksplisit ia menyatakan dalam bukunya bahwa:

 

The true purpose of education has been lost, a deep exploration concerning the meaning of life and what life is for. A college or university is not just a place for the transmission of knowledge but a forum for the exploration of life’s mystery and meaning through the cafreful but critical reading of the great works of literary and philosophical imagination.”

[Tujuan pendidikan yang sesungguhnya telah hilang, yakni penjelajahan yang mendalam tentang makna dan tujuan kehidupan. Perguruan tinggi bukan sekedar tempat untuk trasnformasi pengetahuan tetapi sebagai wahana untuk menjelajahi rahasia dan makna kehidupan melalui kegiatan membaca karya literatur besar secara hati-hati dan kritis dan mengembangkan imajinasi filosofis.]

 

Hadirin yang saya muliakan

Filosofi pengelolaan perguruan tinggi yang mengedepankan unsur manusia sebagai makhluk Tuhan yang mulia selalu dijunjung tinggi oleh para pimpinan dan pengambil kebijakan di Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur. Kami menyadari bahwa untuk menjadikan setiap mahasiswa sebagai sosok manusia seutuhnya hanya bisa dilakukan melalui sentuhan unsur manusiawinya. Mengelola pembelajaran mahasiswa tidak hanya membidik cara berfikir saja agar bisa berkembang tetapi juga hatinya agar menjadi sosok manusia dengan jiwa yang bersih yang dalam bahasa agama disebut dengan qolbun salim.

 

Dengan demikian, melalui proses pendidikan yang memanusiakan manusia melalui pembinaan kemampuan berfikir ilmiah, sentuhan hati yang beretika, dan pengembangan kejernihan jiwa dalam kehidupan alam semesta, para lulusan Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur akan menjadi seorang ilmuwan yang mengedepankan berfikir kritis, berhati mulia yang peduli terhadap kehidupan masyarakat, dan mampu memahami makna sebuah kehidupan.  Arah untuk menciptakan lulusan dengan kualitas yang demikian tidak mudah dan dalam  berbagai kesempatan selalu kami kumandangkan dalam rapat, pertemuan, sambutan seminar, rapat kerja, dan juga dalam upacara wisuda kali ini. Sejalan dengan maksud itu, untuk tema wisuda kali ini oleh Panitia dinyatakan dengan ungkapan “Mengedepankan berfikir ilmiah untuk menjadi pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional”.

Wisudawan dan Wisudawati yang saya cintai

 

Sebelum mengakhiri sambutan ini, perkenankanlah saya menyampaikan pesan-pesan kepada Saudara-saudara yang hari ini diwisuda, diiringi ucapan selamat, dan turut merasa bahagia atas nikmat dan kebahagiaan yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada Saudara, para orang tua, dan sanak saudara.

 

  1. Dengan kelulusan Saudara yang ditandai dengan upacara wisuda ini, tidak berarti bahwa tugas Saudara untuk belajar telah berakhir. Belajar untuk menjadi pintar, cerdas, berpengetahuan, berwawasan dan mandiri, adalah suatu kebutuhan karena lingkungan kehidupan terus berubah. Berhenti belajar karena menganggap dirinya sudah pintar, berarti ketertinggalan yang merugikan.

 

  1. Waktu yang kita hadapi saat ini ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah memasuki hampir seluruh bidang kehidupan. Apabila kita tidak menguasai dan mengendalikan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, maka yang akan terjadi adalah keterpurukan karena kita telah dilindas oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan berbagai macam dimensi dan bentuknya.

 

  1. Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN sejak 1 Januari 2016, akan terjadi perubahan peta kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik. Bekal pendidikan Saudara yang ditandai dengan kemampuan berubah akan memberi kemudahan bagi Saudara untuk melakukan penyesuaian, perubahan dan antisipasi strategis yang Saudara dapat konstribusikan bagi bangsa dan negara.

 

  1. Adalah dipundak Saudara, sebagai generasi penerus dan sebagai manusia yang pintar, cerdas dan intelektual untuk membalikkan ketertinggalan bangsa tersebut menjadi keunggulan.

 

  1. Bagi Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur, tempat Saudara menempa kehidupan intelektual selama ini, adalah suatu kehormatan, apabila Saudara berhasil, mendarma baktikan kekuatan yang Saudara miliki, dalam mengentaskan krisis kehidupan bangsa dan negara kita.

 

 

Saya ucapkan ; “Selamat Jalan Wisudawan  dan Wisudawati”, semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan, kepada kita semua Amin.

 

Demikianlah Sambutan saya, Terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jakarta, 27 Maret 2016

Rektor

 

ttd

 

Prof. Dr. H. Basir Barthos

SAMBUTAN

REKTOR UNIVERSITAS Borobudur

Pada Upacara Wisuda Universitas Borobudur dan Akademi Borobudur

Minggu, 27 Maret  2016, Jakarta Convention Center(JCC)

Prof. Dr. H. Basir Barthos

Rektor Universitas Borobudur

Last Updated on Friday, 22 April 2016 05:41
 
Copyright © 2017. Universitas Borobudur

S5 Box

Login Form

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.